Senin, 07 Oktober 2013

Sebuah pengantar IP Address (IPv4 bagian 1)

ipconfig
Masuk ke Start > Program > Accessories > Command Promt ketik ipconfig lalu ENTER
Internet Protocol (IP) Address adalah salah satu protokol atau metoda atau mekanisme dalam memberikan alamat terhadap sebuah end device. IP dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF).

1. Pertanyaan (dari anda yang mungkin muncul saat ini) 1: Apa itu end device?
Maka jawaba dari saya adalah: end device adalah semua perangkat yang memulai (initiate/asal muasal) sebuah komunikasi data dan juga perangkat tempat komunikasi tersebut nantinya berakhir (terminate).
1.a. Akibat pertanyaan 1 muncul anak pertanyaannya yaitu pertanyaan 1.a: Contohnya komunikasi data dan end device-nya dong!
J: Ketika kita lagi browsing di warnet trus dapat artikel seru tentang cara meninggikan badan secara alami, dengan sigap kita tanya sama yang jaga warnet: “mas bisa print ga?”. Trus kata tukang jaganya: “Bisa, langsung aja di-print”. Lalu kita teken CTRL+P dan printer didepan langsung memuntahkan jurus ampuh di kertas A4 tentang bagaimana meninggikan badan dengan alami.
Dari kasus di atas, PC anda dan Printer disebut sebagai end device, PC membangun informasi dengan sekejap lalu mengirimkannya ke printer, itu contoh komunikasi data.

1.b. Akibat pertanyaan 1 muncul juga anak pertanyaan lainnya yaitu 1.b: Kalo memang ada peran yang disebut end device, ada peran apa lagi?
Setidaknya ada 3 peran, “ada peran watak dan ada peran berpura-pura” eh salah itu lirik lagu ya.. Yang benar :
  • End device: PC, Printer, IP Telephone
  • Intermediary device: Switch, Hub, Router
  • Network Media: kabel tembaga, fiber optic, gelombang radio
  • Service: Software yang menjalankan komunikasi network (YM, DoTA, CS, Firefox, dll)
2. Pertanyaan 2 (akan semakin kritis): Hmmm. salah satu protokol pengalamatan end device yah? salah dua, tiga, empat, dan lainnya apa?
J: Contoh selain IP adalah, AppleTalk, Novell Internetwork Packet Exchange (IPX), Connectionless Network Service (CLNS/DECNet). TAPI SEKARANG FOKUS KE IP DULU YAK :-)
3. Pertanyaan 3 (tambah ingin tahu): Kenapa end device butuh alamat?
J: Karena konsep awal komunikasi jaringan adalah mengadopsi komunikasi pada manusia jadi, bayangkan komunikasi  data itu, seperti mengirimkan surat yang dimasukan amplop dan dikirim via pos, untuk supaya surat tersebut sampai ke target yang dituju maka dibutuhkan sebuah alamat, alamat ini juga yang nantinya membedakan satu target dengan target yang lainnya, ketika akan membalas surat yang awal pun alamat memainkan peranan penting.

Internet Protocol versi 4 (IPv4) dan versi 6 (IPv6)

Versi 4? mana versi 1 sampai 3-nya trus apa gak lulus itung-itungan waktu SD abis 4 langsung 6 mana 5-nya?
Singkat kata IPv4-lah yang akhirnya disepakati untuk dipakai mulai dokumen resminya dipublikasikan Januari 1980 lalu diperbarui pada September 1981 dan akhirnya sampai sekarang menjadi metode pengalamatan yang paling banyak digunakan. Artinya yang 1, 2, 3, 5 itu ada di dapur para ilmuwan IETF dengan ceritanya masing-masing.
Pada perkembangannya IPv4 mulai banyak digunakan hingga akhirnya alamat yang tersisa pun semakin menipis, karena alasan itulah dikembangkan IPv6 dengan panjang 128-bit, IPv4 panjangnya hanya 32-bit.
Tabel Perbandingan IP
Perbandingan IPv4 dan IPv6 (seandainya Tips gambar tidak terbaca: bit adalah banyaknya digit dalam bentuk biner)
Fokuskan pada IPv4, format pengalamatan IPv4 menggunakan pola hirarki, terdapat bagian alamat yang menunjukan grup lalu bagian alamat lain menunjukan sub dari grup,
sama seperti format pengalamatan dalam surat, Negara -> Propinsi -> Kota/Kabupaten -> Jalan -> No. Rumah -> Nama Orang Yang dituju.
Namun pada IPv4 tidak sebanyak itu level-nya, hanya ada 2 yaitu porsi Network dan porsi Host dengan panjang maksimum dari kombinasi keduanya 32-bit.
192 168 1 100
Network Host

CONTOH KASUS:

Jadi untuk alamat 192.168.1.100 dan 192.168.1.64 karena porsi network-nya sama berarti kedua IP tersebut berada pada jaringan yang sama.
Untuk 192.168.2.100 dan 192.168.1.100 karena porsi network-nya berbeda berarti kedua IP tersebut berada pada jaringan yang berbeda, terlepas dari porsi host yang sama. Seperti halnya tetangga anda dengan nomor rumah yang sama namun berbeda blok.
Disini kita lihat pola hirarki memberikan LOGIKA pengelompokan IP berdasarkan aturan porsi network yang sama, oleh karena itu IP Address sering disebut juga sebagai Logical Address.
Tidak perlu panjang-panjang, semoga membantu dalam memberikan pengantar dalam memahami IP Address. Materi selanjutnya adalah pengalamatan IPv4 ;-)

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar